De Goya Mix Media Sketchbook Review

De Goya? Merk apa sih itu? Waktu mencari reviewnya di Google, gw tidak dapat menemukan hasil reviewnya. Berbeda dengan merk Maries, Snowman & Kiky, merk ini hitungannya termasuk baru jadi kurang populer. Tapi apakah kualitasnya bagus? Jangan khawatir, review kali ini akan membahas buku sketsanya setelah menghabiskan buku A4 & A5.

Waktu menemukan buku sketsa ini pertama kali di Artland, Gw penasaran dengan bahan kertasnya. Katanya sih memakai kertas Fabriano, tapi mengapa harganya murah? Fabriano adalah kertas cat air dari Itali, kualitasnya tidak kalah dengan Canson & Arches walau tidak sepopuler merk tersebut. Karena harganya yang terjangkau gw memutuskan untuk menjajalnya.

 

 

Buku yang pertama gw beli adalah buku sketsa mix media ukuran A5, tersedia dalam jilid spiral & benang. Sampulnya hardcover dengan lapisan mirip kulit sintetis yang mudah dibersihkan. Khusus untuk jilid benang, di halaman belakang tersedia kantong kertas untuk menaruh file kecil & karet elastis untuk menahan buku sketsa. Kalau disuruh memilih, gw lebih suka membeli yang dijilid benang karena harganya kurang lebih sama dengan jilid spiral ditambah fitur yang lebih spesial.

 

 

Gramatur kertasnya 200 gram, tebal standar untuk kertas mix media. Namun ada satu hal yg membuat gw bingung, yakni ada embel – embel Hot press. Aneh banget karena biasanya yang mencantumkan deskripsi itu hanya kertas cat air. Bahkan Canson pun tidak mencantumkan apakah kertas mix medianya termasuk Hot press atau Cold press. Gw menduga bahwa kertas yang digunakan sebenarnya diperuntukkan untuk cat air namun dijual sebagai kertas mix media.

 

 

Permukaan kertasnya lumayan licin, tidak terlalu bertekstur. Kertas ini mampu menahan cat air, tidak tembus, mudah merekam tekstur kuas & granul dari pigmen cat. Walau tahan cat air, tapi agak sulit melakukan teknik lifting karena permukaannya mudah hancur saat basah. Gw menemukan bahwa kuas bulu hewan adalah kuas yang dapat memaksimalkan jenis kertas ini karena bahannya lebih lembut daripada kuas sintetik.

 

 

Menggambar dengan drawing pen cukup mulus di permukaan kertas, menghasilkan garis yang konsisten. Tekstur licinnya mendekati permukaan kertas Manga. Tinta cepat terserap sehingga hasil gambar lebih rapih. Media pensil/graphite/charcoal/pastel tidak disarankan, karena permukaan kertas terlalu licin untuk menahan bubuk pigmen jadi bakal ada banyak smudge yang tidak diharapkan.

 

 

Kesimpulan

Gw sangat merekomendasikan Sketchbook ini, terutama untuk yg model jilid landscape A5. Harganya yang terjangkau, kertasnya tebal dan enak digunakan untuk berbagai macam sketsa. Jumlah kertas pas, tidak terlalu banyak atau sedikit jadi tidak jenuh saat mengisinya. Beli dimana? tersedia di Artland seluruh Indonesia~ Ps: mereka melayani penjualan online lho^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *