Elecom Paper-feel Film Ipad Screen Guard

Produk yang gw review kali ini mungkin bukan alat gambar yang kalian bayangkan, tapi cukup berpengaruh dalam membentuk “feel” terhadap tablet digital. Salah satu kekurangan pada medium digital adalah kurangnya sensasi rasa pada alatnya. karena semuanya terbuat dari bahan yang sama: plastik. Gesekan yang ditimbulkan alat gambar tradisional, walaupun subtle namun perbedaan itu semakin terasa saat transisi ke media digital. karena walaupun ganti brush, sensasinya kurang lebih hanya licinnya monitor. sudah berapa kali gw bahas di beberapa post sebelumnya tentang kerinduan sensasi menggambar menggunakan media tradisional.

Gw akui kalau gw salah satu orang yang tangannya mudah terpeleset, apalagi layar monitor ipad terkenal licin banget. oleh karena itu banyak produk screen guard untuk ipad yang permukaannya sekasar permukaan kertas. lalu apa yang membedakan elecom dengan merk-merk sejenis? kira-kira gampang tidak masangnya?

Mudah dipasang

isi paketnya saat dibuka tidak hanya berisi screen guard, tapi juga berisi panduan, kain microfiber, stiker buat membersihkan debu-debu halus & kartu untuk membantu pemasangan.

oke, selama ini gw gak pernah masang screen guard sendiri. tangan gw gampang tremor jadi hasil jadinya selalu miring atau banyak bubble. Untungnya, ukuran screen guardnya lebih kecil & tidak terlalu ngepas ukurannya dengan ukuran ipad, jadi kalaupun miring tidak terlalu kelihatan. perlu diingat permukaan layar harus bebas minyak & debu sebelum screen guard dipasang.

Petunjuk pemasangannya mudah dipahami, tidak hanya dijelaskan dengan detail di kertas, petunjuk singkatnya juga ada di belakang kemasan. tertulis juga tips & poin yang harus diperhatikan. screen guardnya dilapisi 2 lapisan plastik, plastik warna biru untuk melindungi tampak depan yang bertekstur serta plastik bening untuk melindungi lapisan yang bersentuhan dengan layar. oh ya, screen guard ini tidak memiliki lapisan lem tapi mengandalkan lapisan silikon untuk menempel ke layar. Sehingga aman digunakan dalam jangka waktu yang lama & mudah dilepas tempel kembali apabila melakukan kesalahan pemasangan.

Setelah selesai dipasang, hasilnya banyak bubble. tapi jangan khawatir nanti bubblenya hilang setelah pemakaian beberapa saat. tidak perlu dipasang ulang, cukup didorong ke pinggir supaya keluar sendiri udaranya. berdasarkan pengalaman, bubblenya hilang setelah pemakaian seminggu lebih.

Seperti menggores pena diatas kertas

Produk ini memiliki dua tingkat tekstur: Smooth type, permukaan seperti kertas namun tidak terlalu korosif & Bond type, permukaan yang lebih kasar daripada smooth type tapi membuat ujung apple pencil lebih cepat aus. klaimnya sendiri smooth type mengurangi resiko aus apple pencil 50% daripada bond type.

Gw memilih bond type karena memiliki permukaan yang lebih berasa tekstur kertasnya daripada smooth type berdasarkan hasil testimoni teman yang sudah menjajal semua tipe. walaupun di packaging deskripsi permukaan teksturnya seperti kertas kent (yang notabene lebih licin dari kertas biasa) bond type ini bertekstur seperti amplas alus & lebih kasar daripada permukaan kertas HVS. teksturnya menggigit banget sampai saat di-swipe dengan tangan pun bisa terdengar tekstur layarnya.

Walaupun begitu, tekstur tersebut bisa menjadi semakin licin seiring pemakaian sehingga permukaan apple pencil akan cepat aus dalam setahun pemakaian pertama. Temanku sendiri sudah habis 2 nib dalam pemakaian setahun (pemakaian >2 jam sehari karena dia ilustrator). Sebagai hobbyist, yang interval gambarnya <1 jam sehari sejak sebulan pemasangan screen guard, apple pencil belum menunjukkan tanda-tanda minta diganti.

Anti glare

Salah satu alasan yang membuat gw memutuskan beli elecom adalah karena klaim ini. gw gak suka saat menggambar melihat pantulan diri di layar, karena layar produk apple sangat reflektif. Kadang saat bekerja menggunakan tingkat brightness minimum untuk meminimalisir gangguan.

Walaupun tidak hilang sepenuhnya, paling tidak pantulan cukup blur dan samar dibanding saat tidak memakai screen guard.

Kesimpulan?

Produk ini harganya cukup mahal, tapi cukup pantas dengan kualitasnya. Mudah banget dipasang untuk pengguna pemula. Beli dimana? tersedia di official shop tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *