Faber Castell Watercolor Graphite Review

Sebagai pengguna cat air, seringkali gw merasa terganggu dengan garis pensil yang sulit hilang walau sudah dihapus sebelumnya kalau ditimpa cat air. karena rata – rata pensil terbuat dari wax, jadi permukaan kertas yg terkena pensil terkesan ‘menolak’ air. Beberapa teman sesama pengguna cat air menyarankan untuk menggunakan charcoal atau arang sebagai pengganti pensil, tapi gw kurang suka sama hasil garis yg terlalu tebal dan tegas.

Beruntunglah  kini Faber Castell menemukan produk yang memecahkan kegalauan, yakni pensil watercolor graphite. Kira – kira bedanya apa saja dibanding dengan pensil warna watercolor? Mari simak reviewnya~

 

 

Hal yang pertama kali gw temui saat menggunakan pensil ini adalah pensil watercolor graphite memiliki diameter lebih besar dibanding pensil biasa. Gw membeli pensil 6B yang lembut, just in case kalau gw ingin garis yg lebih hitam dan tebal. Saat digoreskan, feel pensil ini sama dengan pensil biasa, hanya saja less waxy & lebih lembut sedikit dibanding pensil pada umumnya. Hal yang gw suka dibanding pensil warna watercolor & charcoal adalah tidak ada perasaan squeaky (mencicit) saat memakai pensil ini. kadang gw suka gregetan juga kalau pakai pensil warna watercolor karena gesekannya terlalu keras ke kertas.

 

 

Saat ditimpa cat air, warnanya luntur sedikit & menjadikan gambar agak muddy keabu-abuan. Mungkin karena tebalnya 6B kandungan grafitnya lebih banyak. Kalau kalian tidak suka dengan warna yg kusam, lebih baik membeli tebal HB atau B yang kandungan grafitnya sedikit. Walau luntur, namun saat kering masih meninggalkan kilauan, tapi menyatu dengan warna cat air karena ada granulnya. Garis yang kita gambar tidak pudar seluruhnya, masih meninggalkan bekas samar. Saat kering, grafitnya jadi set- permanen & tidak smudge saat terkena tangan. Nilai plus buat pengguna pensil yang kadang harus beli varnish mahal supaya karyanya lebih awet. Kalau pakai pensil ini, cukup dibasahkan air maka hasil karya lebih awet.

 

 

Bagaimana feel pensil itu kalau digoreskan di kertas yang basah ya? Hasil garisnya akan lebih tebal & bleber sedikit grafitnya karena bereaksi dengan air. Warnanya bisa ditimpa, tapi harus menunggu lapisan sebelumnya kering dulu. Kalau ditimpa saat masih basah, grafitnya bisa tergesek dengan lapisan atasnya & jadi tidak rata saat kering.

 

Kesimpulan

Pensil ini cocok untuk pengguna mix media, cat air, atau pengguna pensil yang ingin mencoba alternatif pensil. Gambar yang tidak smudge setelah selesai di-set pakai air merupakan keunggulan tersendiri. Dari segi sifatnya, pensil ini cocok sebagai sketsa underlay greyscale untuk ditimpa gouache & cat warna. Produk ini bisa dibeli dimana? gw beli pensil ini di Gramedia seharga 13.000, Harganya bervariasi tergantung ketebalan grafitnya. Tapi tidak semua cabang tersedia, hanya cabang yang memiliki counter produk Faber Castell Artist Grade yang menyediakan produk ini. Oh ya, produk ini juga tersedia di gerai Faber Castell di Plaza Senayan lho~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *