Holbein Travel Set: My Holy Grail Tools

Membeli watercolor set yang bisa dibawa plein air memang gampang – gampang susah. Travel set yang tersedia di kebanyakan toko pada umumnya memiliki kombinasi palette-cat-water brush.  Kuas semacam ini memang praktis, namun ternyata masih ada orang yang belum terbiasa menggunakannya dan lebih suka menggunakan kuas konvensional. Sedangkan set yang menyediakan kuas konvensional memiliki kelemahan yakni tidak menyediakan kompartemen air, sehingga kita harus membawa botol air terpisah (yang tentu saja cukup merepotkan).

Holbein Travel set ini merupakan watercolor kit kedua sekaligus merk artist grade yang pertama kali gw beli. Kelebihannya dibanding merk lain adalah travel set ini memuat seperangkat cat air komplit dalam satu tempat. Selain itu, desain produknya memudahkan kita mengecat saat kita plein air dalam posisi berdiri. Berikut penampakannya:

Saat dibuka terdapat travel set, tas penyimpanan & kertas yang berisi rincian produk serta cara merawat.

Tempat jari untuk memegang kotak, memiliki bahan yang nyaman digenggam.
Penampilan saat box dibuka, semua alat dapat dibongkar pasang.

 

Tampilan pertama kotak ini adalah bentuknya yang lucu seperti kotak bekal. Kotaknya terbuat dari bahan plastik matte dengan tekstur seperti kertas daur ulang. Bagian depan terdapat emboss logo dan emboss lubang. pada bagian belakang terdapat tempat jari. Tas penyimpanan yang disediakan berbahan parasut tipis bermodel tas serut.

 

Customer-based Design

Saat membuka kotak, didalamnya terdapat: tempat kobokan air, palete, tempat cat air untuk 18 warna (12 sudah terisi, 6 tempat kosong untuk diisi warna lain) sponge, botol air, dan dua kuas travel. Hal yang menarik adalah palet, tempat cat dan tempat airnya dapat dilepas untuk memudahkan perawatan. Tempat airnya sendiri dapat dipasangkan di kaitan yang terletak dibawah palet.

 

 

 

 

Desain produk ini sangat memperhatikan kebutuhan seorang travel sketcher. Umumnya tangan kita sudah terlalu padat saat menggambar, jadi travel set ini didesain dapat dipakai hanya menggunakan satu tangan saja. Pada paletnya, terletak lubang untuk membuka tube cat dan tempat untuk menaruh kuas. Menurut gw hal inilah yang menjadikannya menang besar dibandingkan merk lain, terutama untuk pengguna kuas konvensional. Botol minum airnya memiliki gerigi agar tidak selip serta dipegang, tutupnya disangkutkan ke badan botol supaya tidak hilang.

 

 

Cat air

Travel set ini menyediakan 12 warna, yakni Carmine, Vermilion Hue, Permanent Yellow Deep, Permanent Yellow Lemon, Yellow Ochre, Permanent Green No. 1, Viridian Hue, Cobalt Blue Hue, Prussian Blue, Burnt Sienna, Burnt Umber, and Ivory Black.

di artikel ini cat airnya gak bakal dijelaskan detail karena kalian pasti bakal mabok kalau gw rinciin satu – satu. Tapi tidak akan afdol kalau gw bahas travel set cat air tanpa bahas catnya jadi gw jelaskan karakteristik warnanya berikut ini:

 

  • Carmine: Warna merah dengan tone dingin (campuran warna biru).
  • Vermilion Hue: Warna merah menyala.
  • Permanent Yellow Deep: Warna kuning dengan tone kemerahan.
  • Permanent Yellow Lemon: Warna kuning dengan sedikit tone biru.
  • Yellow Ochre: Warna coklat muda dengan tone warna kuning.
  • Permanent Green No. 1:  Warna hijau rumput.
  • Viridian Hue: Warna hijau tosca dengan tone warna biru dan hijau yang setara gelapnya.
  • Cobalt Blue Hue: Warna biru tua keunguan.
  • Prussian Blue: Warna biru pekat kehitaman.
  • Burnt Sienna: Warna coklat tanah, persis seperti tanah merah.
  • Burnt Umber: Warna coklat dengan hue sedikit warna biru kusam.
  • Ivory Black: Warna hitam dengan tone dasar warna hangat.

 

Sedikit trik dagang

 

12 warna di dua baris pinggir sudah terisi dari pabrik. 6 kotak yang berada baris tengah bisa diisi dengan warna lain.
Kotak yang ada di baris pinggir memiliki ketinggian yang berbeda, diisi oleh cat dari pabrik.

 

Hal yang kurang gw sukai dari travel set ini adalah ukuran kontainer cat yang berbeda, tempat cat yang sudah diisi lebih dangkal dibanding kontainer cat yang kosong. Perbedaannya cukup ekstrim kurang lebih hingga 50% jadi banyak yang memberikan review yang buruk karena merasa dicurangi. Tetapi karena cat holbein itu irit banget, gw tidak mempermasalahkannya.

 

Kuas & Sponge

 

 

Lubang ventilasi kuas.Kuas yang tersedia adalah round retractable brush ukuran 2 & 8. Retractable brush adalah salah satu wujud kuas travel selain waterbrush, dimana batang kuas dapat berfungsi sebagai tutup kuas. Retractable brush hemat tempat karena ukurannya yang kecil. Secara pribadi, gw suka kuas yang retractable karena tutup kuas menjaga bentuk bulu dengan baik. Lubang nampak terlihat diujung batang kuas, berfungsi sebagai lubang ventilasi. Oh ya, salah satu masalah utama saat membawa alat gambar di perjalanan adalah kelembaban. Kuas yang lembab dapat memicu jamur pada kuas berbahan bulu asli dan bulu rontok pada bulu sintetik yang disebabkan oleh lem yang kendur.

 

Lubang ventilasi kuas.

 

Panjang kedua kuas saat disambungkan cukup nyaman digunakan untuk melukis ukuran a6 – a3. Namun kuas ukuran 8 tersebut berukuran besar dan agak bulky, kadang suka ada beberapa bulu yang nyelip keluar saat ditutup. Gw sarankan untuk menutup kuas disaat masih lembab, karena bulunya sulit diatur saat kering.

 

 

Tekstur bulu ketika kering cukup kasar dan dapat merusak permukaan kertas. Bulu kuas mengangkat pigmen dengan mudah. Bulunya menampung air cukup banyak, namun melepaskan pigmen cat terlalu cepat sehingga untuk blocking skala besar harus sering dicelupkan pada cat. Ujung kuas ukuran 2 tidak lancip jadi tidak bisa digunakan untuk menggambar detail yang terlalu kecil, sedangkan untuk blocking disarankan menggunakan ukuran 8.

 

Saat gw mendapatkan travel set ini, ekspektasi gw adalah mendapatkan sponge sintetis yang berfungsi membantu kita menyeka sisa pigmen pada kuas. Sayang pas dibuka, muncul spongebob.

 

iya, Spongebob
Penampilan aslinya setelah disiksa selama 2 tahun.

 

Makhluk bikini bottom itu muncul dihadapan gw, sudah kering kerontang beralih fungsi memberikan dimensi dan tekstur pada lukisan cat air. Sponge asli yang berasal dari laut berharga cukup mahal dan mudah rusak. Awalnya gw kira fungsinya sama dengan sponge yang ada di Sakura Koi watercolor set, tapi nyatanya sponge ini lama keringnya sampai hampir lumutan. Pigmen yang sudah nempel tidak bisa dihilangkan dan tidak disarankan mencucinya dengan bahan kimia karena bersifat korosif dan merusak permukaan sponge. Jangan biarkan sponge basah banget dalam waktu yang lama, karena hal tersebut juga merusak teksturnya.

Kesimpulan

Did i mention this is my holy grail tools? Yes it is! namun sayangnya produk ini sudah discontinued oleh pabriknya jadi gw tidak bisa meracuni kalian untuk beli. It’s worth the money untuk mendapatkan tools selengkap ini dibanding harus beli alat – alatnya terpisah. Beli dimana? gw beli ini di Smartyhands seharga 698.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *