Midori Travelers Notebook Sketch Refill review

Hi guys! jika kalian mengikuti gw di IG, akhir – akhir ini gw sering sketsa di jurnal. Bagi kalian yang senang gambar pasti sering kerepotan membawa buku sketsa kalau sedang bepergian. Kali ini gw akan mereview ukuran alternatif, yakni sketch refill travelers notebook dari midori.

Kebetulan waktu saudara gw pulang kampung ke Jakarta, dia memberikan bingkisan refill travelers notebook, salah satunya tipe sketch. Kalau belum awam, travelers notebook adalah buku jurnal yang dijilid pakai benang elastik. Travelers notebook sesuai dengan namanya digunakan oleh pelancong yang suka menulis jurnal. Isinya berupa buklet yang dapat diisi dan diganti dengan mudah. Produsen awalnya adalah perusahaan kertas midori dari Jepang, sampulnya terbuat dari bahan kulit asli. Karena harga sampulnya mahal, banyak bermunculan fauxdori atau sampul travelers notebook buatan sendiri. untuk lineup asli dari midori, kalian bisa cek disini.

 

 

Buklet refill ini berukuran 11 x 21 cm untuk ukuran travelers notebook yang reguler. Covernya dibuat berbahan kertas bertekstur, saat dibuka akan muncul halaman cover dalam dengan bingkai untuk foto/gambar. Ketebalan kertasnya tidak disebutkan spesifik, hanya tertulis heavyweight MD paper. Namun diprediksi ketebalannya kurang lebih 200 gram dengan permukaan mirip dengan kertas cat air yang hot-pressed.

 

 

Hal yang menarik adalah kertasnya perforated (lubang penanda) yang dapat dirobek, jadi jilid buklet tetap rapih. Walau perforated, tapi robekannya tidak rapi kalau tidak dirobek dengan penggaris, lubangnya kurang dalam untuk menghasilkan robekan yang mulus.

 

 

Permukaan kertas yang tebal dan rapat menahan cat air namun  bisa bergelombang apabila digunakan dengan heavy washes. Tekstur yang ditimbulkan cukup menarik, adanya sedikit granulasi dari pigmen cat. Tarikan garis kuas dapat dimunculkan dengan mudah. Sayang sekali warna cat air tidak dapat keluar dengan maksimal, sehingga hasil gambarnya agak flat.

 

 

Permukaan kertas rapat banget untuk ukuran kertas sketsa, sketsa tidak tembus ke halaman dibaliknya padahal pakai cat air dan tinta india. Tetapi untuk blending cat air agak susah karena pigmennya menyerap lebih cepat daripada air. Oleh karena itu harus agak berhati – hati menggunakan teknik wet on wet, blending dan lifting jadi sulit dilakukan dan berpotensi merusak permukaan kertas. Kertas ini juga lama keringnya kalau terkena air, butuh waktu 10 menit untuk kering dari heavy wash.

 

 

Diluar itu, kertas ini nyaman digunakan dengan fountain pen dan pena celup yang ujungnya tajam, cukup smooth dan tidak bleber tintanya. Tidak disarankan menggunakan pensil / charcoal karena dapat transfer ke halaman sebelah.

 

Kesimpulan

Heaviest & densest sketch paper ever! gw menyukai kertas ini karena tidak mudah tembus dan cocok untuk sketsa cepat atau doodle cantik dengan cat air. Harganya mahal banget, sekitar 95 rb untuk buklet ukuran reguler dan kurang afdol kalau tidak dipakai dengan sampul travelers notebook karena berwujud softcover. Tapi kemungkinan gw repurchase cukup besar karena cukup nyaman menggambar di size ini tanpa harus bawa buku sketsa yang jumbo.

Where to find? bisa didapat di toko online yang mengimpor midori travelers notebook, gw dapat refill ini dari koneksi saudara gw yg importir midori dari Hongkong^^.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *