Redjuice Harmony Artbook Review

Hi guys! kembali lagi review buku dari gw, sebuah artbook ilustrasi dan desain anime Harmony karya Redjuice. Ilustrator ini cukup kondang bekerja dibalik band supercell (band mirip gorillaz, cuma 1 komposer yang dikeroyok banyak ilustrator) dan akhir – akhir ini sering berkarya untuk anime dan ilustrasi novel, seperti Guilty Crown, Harmony dan yang terakhir Beatless. Alasan gw beli buku ini adalah gw tertarik pada proses bagaimana beliau mendesain karakter dari karya literatur.

Harmony sendiri merupakan salah satu dari tiga film Adaptasi karya Project Itoh, seorang penulis Sci-fi terkenal. Redjuice memang tidak asing dalam proyek ilustrasi karya literatur, terutama yang bertema science fiction. Hal itu terbukti dari desain karakter novel Beatless dan Guilty Crown yang unik dan futuristik. Pada adaptasi Project Itoh, Redjuice bereksperimen dengan berbagai macam style karena walau semua karya yang diadaptasi bertema science fiction, namun setting dan atmosfirnya berbeda. Sebagai pembanding gw akan mereview Empire of Corpses di post selanjutnya.

Berbeda dengan Artbook anime yang berisi clean sketch dan hasil jadi, isi artbook ini kebanyakan berisi rough sketch, bahkan ada yang saking kasar sketsanya kita tidak bisa menerka siluetnya. Bagi yang mencari hasil render final mungkin akan kecewa, karena isi buku ini 70% berisi sketsa2, 10% render aset 3D, dan 15% render bersih. Buku ini cocok untuk yang ingin belajar proses dari desain konsep animasi. Where to buy? gw beli buku ini sepaket dengan Empire of Corpses di TOA Graphic Books.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *