Sketchbook Murah Faber Castell Review

Faber Castell akhir – akhir ini merilis banyak produk untuk art, dari student grade sampai yang menyasar artist grade, salah satunya adalah sketchbook ini. Sebelumnya gw sudah menjajal pensil grafit watercolornya di sini dan gw cukup puas dengan kualitasnya.

Kesan pertama dari sketchbook ini adalah desain sampulnya yang mirip dengan pensil warnanya yg iconic itu, dengan dominasi warna merah yang menyala. Mungkin sketchbook ini memang dirilis untuk menemani alat – alat gambar student grade yg sudah beredar lama di pasaran. Gw sendiri awalnya cukup skeptis dengan kualitasnya karena gw kurang suka dengan pensil warnanya.

Kertasnya sendiri jenisnya kertas BC seberat 200 gram, cukup amaze dengan tebalnya karena biasanya kertas sketchbook maksimal setebal 150 gram. kira – kira bisa nahan cat air nggak ya?

Karena penasaran akhirnya gw coba test dengan beberapa alat gambar yang sering gw pakai, yaitu pensil grafit, pensil warna, cat air, tinta & drawing pen. Oh ya, permukaan kertasnya licin jadi feel-nya saat gambar mulus & nyaman. Sketsa pensil jadi mudah dihapus.

 

 

 

Pensil warna hasilnya jadi lebih mulus & konsisten garisnya, Oh ya pensil warna yg gw pakai merk-nya lyra, yg tidak seempuk faber castell jadi kalau dipakai di kertas lain warnanya tidak secerah kalau pakai kertas sketchbook ini.

 

 

Kertas ini juga dapat menahan cat air, beberapa kali gw main light wash sm wet on wet hasilnya cukup bagus. warna cat airnya juga keluar. namun tetap aja karena bukan untuk cat air, lebih baik jangan terlalu sering gores – gores kuas saat kertasnya masih basah. Warna cat air cepat kering & susah hilang kalau udah set di kertas. Kalau dipaksa lifting pakai kuas hasilnya jadi berbulu buluk banget, mungkin itu adalah permukaan kertas yang terkikis kuas. Saat kering, permukaan kertasnya bergelombang namun tidak sampai menggulung, jadi ideal buat sketsa cat air yg loose.

 

 

Drawing pen juga mulus saat mengenai permukaan kertas, tidak ada garis yang macet atau skip. sedangkan untuk tinta tergantung dari kontrol kuas kita. kalau kuasnya kering, tekstur garisnya akan terasa crisp. Tinta & drawing pen sama – sama cepat kering & tidak smudge, bahkan saat tintanya ngeblok kertas, permukaan kertas kering dalam durasi 15 detik.

Karena permukaan kertasnya tebal, gambarnya tidak tembus ke belakang, kecuali permukaan kertas yg sedikit bergelombang karena cat air.

 

Kesimpulan

Sketchbook ini bagus buat pemula yg suka sketsa mix media, masih bereksperimen nyobain alat gambar atau travel sketcher. Tapi kalau disuruh memilih alat gambar yg optimal untuk sketchbook ini, gw bakal memilih pensil warna & drawing pen, karena permukaan kertasnya enak untuk goresan pensil.

Produk ini mudah didapat di toko buku terdekat & harganya tidak mahal. Ukuran A4 harganya 26.000 sedangkan untuk ukuran A5 harganya 14.000 untuk 20 lembar. Repurchase? Yes~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *