Tamiya Miniature Brush 87050 Review

Pernah kebayang gak sih kalau Tamiya ternyata memproduksi alat gambar juga? well, gw sejauh ini cuma tahu Tamiya hanya membuat mainan mobil mini 4 WD

 

Tamiya mini 4 wd
Mobil ini lho XD | Source: hlj.com

 

Anak – anak kelahiran 90-an pasti tahu mainan ini. Gw juga punya walau bajakan alias buatan cina haha. Mobilnya bisa dimodif dan dihias sedemikian rupa pakai stiker. tapi tahukah kalian kalau kita bisa menghiasnya lebih dari itu?

Tamiya menjual banyak alat – alat crafting sebagai produsen miniatur dan mainan seperti spidol, cat akrilik, cutter, masking tape hingga KUAS!

Review kali ini gw akan membahas kuas yang diperuntukan khusus untuk mengecat miniatur tipe 87050.

Tamiya Brush 87050 Full body

Cotman Tamiya 87050 brush comparison
Perbandingan kuas Tamiya dengan Cotman
Cotman Tamiya Brush comparison
Bulu kuas Tamiya lebih panjang dibanding Cotman

 

Tamiya High Finish Small Pointed Brushes are made from polybutylene terephthalate, and feature lightweight bamboo handles. The brushes are ideal for fine detailed artwork.

Sumber: hobbyking.com

Seperti penjelasan diatas, kuas ini digunakan untuk detail finishing miniatur yang super mini. Bentuk pegangannya lebar ditengah, untuk pegangan yang optimal saat kita menggambar detail kecil karena tangan kita cenderung mendekat ke kertas agar lebih stabil. Polybutylene Terephthalate yang digunakan sebagai bahan baku ternyata merupakan bahan polimer sintetis yang umumnya digunakan pada alat elektronik sebagai insulator. Polimer ini keunggulannya tidak hanya tahan zat kimia tapi juga memiliki resistansi terhadap panas hingga 150 derajat celcius dan tahan banting.

Tapi tenang saja, walau sering digunakan pada alat elektronik, bahan ini aman kok. Polybutylene Terephthalate juga dapat ditemukan pada sikat gigi dan bulu mata palsu karena awet terhadap gesekan, tekanan dan juga radiasi sinar UV. (sumber: https://www.macrointlco.com/sports-performance-fabrics/pbt-fabric)

Finishing pada kuas terlihat rapat dan kencang sehingga mampu menjaga helaian kuas yang panjang. Cat pada pegangan kuas tidak mudah rontok dengan finishing matte yang mudah dibersihkan. Panjang kuas kurang lebih sama seperti kuas cat air cotman, namun terasa lebih ringan karena terbuat dari bambu.

 

Kuas Tahan Banting

Dibanding dengan kuas sintetis yang spesifik untuk cat air, kuas ini dapat menjaga ujung lancipnya dalam jangka waktu yang lebih lama. Walau konsistensi tinta / cat juga berpengaruh pada hasil garis, namun kualitas garis lebih terjaga. Panjang dan tebal garis lebih konsisten, ditambah pegangan kuas yang ergonomik membantu menghindari getaran atau jittering saat kita menggambar.

 

Tamiya brush 87050 dipped in ink
Tinta yang menumpuk diujung kuas

 

Namun sayangnya, helaian bulu kuas menyerap terlalu banyak cat sehingga cairan yang menggenang harus diseka terlebih dahulu. Pelepasan cairannya terlalu cepat sehingga saat menggambar garis saat awal menimbulkan genangan dan cepat seret sehingga harus sering dicelup kedalam tinta. Kuas ini mampu menciptakan tebal garis yang tipis setara dengan drawing pen ukuran 0.05 mm hingga garis tertebal mencapai ukuran setara dengan drawing pen ukuran 1 mm. FYI, tinta yang digunakan adalah Daiso Tsumi Ink.

 

Tamiya brush 87050 testing
Hasil testing kuas Tamiya

 

Kurang puas? berikut beberapa hasil gambar gw yang lineartnya menggunakan kuas ini:

 

Karena kuas ini diformulasikan untuk penggunaan dengan cat akrilik yang formulanya lebih berat, setiap helai bulunya tidak mudah rontok dan mudah kembali ke bentuk aslinya dibanding kuas lainnya. Cocok untuk orang yang sering membawa kuas keluar ruangan dan tidak terlalu memerhatikan penyimpanan (walau gw sarankan untuk tetap menyimpannya dalam penyimpanan khusus). Apabila bentuk kuasnya tidak lancip akibat tekanan saat didalam tas, dapat dikembalikan dengan menyeduh ujung kuas dengan air mendidih karena sifat helaiannya yang tahan panas (tipsnya akan gw share di post lain). Untuk membersihkannya dapat menggunakan sabun cuci piring, solvent cat seperti turpentine dan alkohol atau sabun khusus pen celup dan kuas seperti merk Dr. PH Martin.

 

Kesimpulan

Terbukti dengan bahan baku yang berbeda dibanding kuas sintetis lainnya, kuas ini cocok untuk menggambar detail, namun kurang optimal untuk lettering dan menggambar lineart. Kuas ini tahan banting dan dapat digunakan untuk media akrilik. Harganya lumayan terjangkau untuk masa pakai yang lumayan panjang.

Kuas ini dapat dibeli di Graha Tamiya seharga Rp. 37.500, atau di toko miniatur dan mainan terdekat. Untuk yang berada diluar kota besar, dapat pesan di toko online seperti smartyhands atau toko proxy online lainnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *