The Fine Art Of Chinese Brush Painting Book Review

Mengapa lukisan Cina terlihat sangat dinamis dan hidup? dibandingkan dengan aliran lukisan lainnya, tarikan garis lebih sederhana dan kadang ada tekstur kuas yang terlihat. Menurut buku ini, rasa organik (raw) yang terinspirasi dari goresan kaligrafi pada aliran lukisan ini mampu menangkap esens kehidupan pada sebuah objek alih – alih hanya meniru bentuk real-nya saja.

 

 

Buku ini ditujukan untuk pemula yang ingin coba – coba dan penasaran dengan lukisan Cina. Tidak hanya menjelaskan mengenai teknik dasar tarikan kuas dan komposisi gambar, buku ini menjelaskan dengan detail hal apa saja yang dibutuhkan untuk melukis. Salah satu tips yang menarik adalah cara membuat lem sizing untuk mempersiapkan kertas dan menyiapkan stempel watermark lukisan.

 

 

Tidak hanya disertai gambar, buku ini disertai teks yang cukup enak dibaca dan sangat informatif. Hierarki informasi yang disajikan cukup baik disertai dengan sejarah, deskripsi yang jelas dan logis. Kalau masih tidak paham mengenai penjelasannya, buku ini menyertakan contoh kasus beberapa lukisan dan dikupas secara menyeluruh dari komposisi, teknik hingga komentar personal dari sang penulis.

 

 

Kalian tidak perlu menjadi orang Cina untuk membaca buku ini, cocok untuk pemula yang baru belajar atau pelukis yang ingin menyegarkan ingatannya soal teknik – teknik lukisan Cina.

Dimana gw beli buku ini? gw mendapatkannya saat lagi sale di event Big Bad Wolf, mungkin tersedia via online di Amazon atau toko buku impor lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *